Nasrani berbeda dengan Kristen

copas dari situs tetangga nih..

Perbedaan Kristen dan Nasrani

Nasrani adalah panggilan orang yang mengikuti ajaran yang dibawa oleh orang bersal dari nazareth yaitu Isa AS (Yesus). Pengikutnya disebut beragama Nashara (Hawariyyun) atau Nasrani (bukan Kristen). Orang Nasrani masih mengikuti ajaran Tauhid (meng-Esakan Tuhan) yang diajarkan oleh Isa As(Yesus) (Yoh17:3) dan masih menjalankan hukum taurat (Matius5:17)serta menjalankan ajran Ibrahim yaitu sunat (Kejadian 17:9), dan tidak makan babi (Imamat11:7) dan tidak minum minuman keras (Imamat10:9)


 Nasrani lahir semasa Yesus berdakwah semasa hidupnya dan bertempat tinggal di Nazareth.

Matius2:22
Tetapi setelah didengarnya, bahwa Arkhelaus menjadi raja di Yudea menggantikan Herodes, ayahnya, ia takut ke sana. Karena dinasihati dalam mimpi, pergilah Yusuf ke daerah Galilea.

2:23
Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret.

Matius 21:9
Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"

21:10
Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?"

21:11
Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."


Markus
10:46
Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan.

10:47
Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"

Lukas 4:34
"Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."

Yesus hanya bertanggung jawab terhadap ajarannya selagi bersama-sama dengan murid-muridnya

Yoh14:25
Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
14:26
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Lukas24:44
Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Yoh16:41
Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu." (16-4b) "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,


Kristen adalah panggilan orang yang berkeyakinan dan percaya Isa AS/Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat. Keyakinan ini berawal dari pemberitaan Paulus di Athiokia kira-kira 40Msetelah Yesus tiada. Pengikutnya biasa disebut orang Kristen. Pada perjanjian Baru Kisah Rasul 11:26
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kristen merupakan salah satu sekte Nasrani
Kisah Rasul 24:5
Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani.

Kesimpulan:

*Nasrani lahir semasa Yesus masih hidup sedangkan Kristen lahir setelah Yesus tiada
*Ajaran nasrani mengajarkan apa yang diajarkan Yesus (Matius 28:20) Sedangkan Kristen mengikuti ajaran yang diajarkan Petrus dan Paulus serta pemimpin-pemimpinnya (Philipi3:17) dan (1Korintus4:16)
*Pengikut Nasrani kebanyakan adalah orang-orang Yahudi sedasng Kristen pengikutnya orang diluar Yahudi
*Terhadap hukum taurat umat Nasrani masih mentaati sedang umat Kristen sudsah meninggalkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.